Translate

Kamis, 26 September 2013

METODE ILMIAH


A.   PENGERTIAN
Metode ilmiah dalam bahasa inggris biasa di sebut dengan “scientific method”. Metode ilmiah sendiri memiliki arti yaitu proses berfikir untuk memecahkan suatu masalah yang nyata dan dilakukan secara sistematis, empiris, dan terkontrol. Metode ini merupakan metode yang di gunakan oleh para ilmuwan untuk melakukan pengamatan dan membuat hipotesis tentang  suatu masalah yang berhubungan dengan fenomena alam. Dari hipotesis tersebut akan di uji coba secara bekali – kali, dan jika itu benar atau berhasil, maka hipotesis tersebut akan menjadi sebuah teori ilmiah.
Metode ilmiah di lakukan ketika ada permasalahan yang harus di pecahkan dan di selesaikan. Penyelesaian ini di lakukan secara bertahap dan tersusun dangan baik. Sehingga dari tehapan tersebut berakhir pada suatu kesimpulan yang akan menjadi sebuah teori.
B.   KARAKTERISTIK METODE ILMIAH
§  Bersifat kritis : metode yang menujukan adanya proses yang tepat untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah.
§  Bersifat logis : dapat memberikan argumentasi ilmiah dan rasional berdasarkan bukti – bukti yang nyata.
§  Bersifat objektif : dapat di contoh oleh ilmuan lain dalam studi dan kondisi yang sama.
§  Bersifat konseptual : menggunakan pengembangan konsep dan teori agar hasilnya dapat di pertanggungjawabkan.
§  Bersifat empiris : teori yang di gunakan berdasarkan fakta di lapangan.
C.   LANGKAH – LANGKAH PENULISAN
Dalam pelaksanaan metode ilmiah ada beberapa langkah atu tahapan yang harus di lakukan oleh seorang ilmuwan atau peneliti, yaitu sebagai berikut :
1.      Masalah
Berawal dari adanya masalah yang dapat di gali dari sumber yang empiris dan teoritis dengan mengkaji berbagai literature yang sesuai.


2.      Rumusan masalah
Masalah yang di temukan di jadikan sebagai rumusan masalah yang biasa di bentuk dalam sebuah pertanyaan.
3.      Pengajuan hipotesis
Masalah yang di rumusakan sesuai dengan hipotesis yang di ajukan. Hipotesis di dapatkan dari refrensi teoritis dan mengkaji berbagi hasil penelitian sebelumnya.
4.      Melakukan eksperimen
Untuk menguji hipotesis maka peneliti harus memilih strategi atau metode penelitian yang sesuai.
5.      Menyusun instrument
Langkah setelah menentukan strategi atau metode, maka peneliti merancang instrument penelitian sebagai alat pengumpulan data.
6.      Menganalisis data
Data penelitian di kumpulakan bersama instrument penelitian kemudian di lakukan pengolahan dan analisis data dengan menggunakan alat uji yang sesuai dengan tujuan penelitian.
7.      Kesimpulan
Langkah terakhir adalah dengan membuat kesimpulan dari hasil penelitian. Dari kesimpulan tersebut maka akan mendapatkan suatu bukti yang benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar