Translate

Minggu, 25 Mei 2014


Diet Therapy Kanker

Khuzaimah Taher 1, Rifky Nur Hidayat 2, Moh. Farid Muarrof 3

Abstrak
kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan yang abnormal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker dan memiliki kemampuan untuk menyerang dan merusak jaringan lainnya.Untuk mencegah terjadinya risiko terkena kanker, perlu adanya antisipasi sejak dini dan perubahan pola hidup yang sehat.pengobatan kanker dapat dilakukan dengan tiga metode yaitu pembedahan, radioterpi dan kemoterapi.

Kata kunci : kanker, pencegahan kanker, pengobatan kanker

Pendahuluan

Ketika mendengar kata kanker, maka akan terlintas di benak kita adalah hal-hal yang buruk saja. Kanker adalah istilah umum untuk sekelompok besar penyakit yang dapat mempengaruhi setiap bagian dari tubuh . Istilah lain yang digunakan adalah tumor ganas dan neoplasma . Salah satu ciri dari kanker adalah terbentuknya sel-sel abnormal yang tumbuh melampaui batas-batas normal, dan yang kemudian dapat menyerang ke bagian organ lain sehingga dapat menyebabkan kematian. Kanker sering dikenal oleh masyarakat sebagai tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker. Tumor adalah segala benjolan tidak normal atau abnormal. Tumor dibagi dalam 2 golongan, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Kanker adalah istilah umum untuk semua jenis tumor ganas. Kanker dapat menimpa semua orang, pada setiap bagian tubuh, dan pada semua gologan umur.
Tidaklah mengherankan jika banyak di media massa banyak membahas dan menayangkan tentang kanker. Penyakit kanker merupakan penyakit yang sulit untuk diobati. Belum lagi, biaya untuk pengobatanya yang tidak murah alias mahal. Hal ini mengakibatkan banyak masyarakat yang mencari pengobatan alternative yang mudah dan relative lebih murah untuk mengatasinya dan bahkan masyarakat lebih memilih untuk tidak mengkonsultasikan kepada dokter karena masalah biaya.
Menurut cancer research campaign pada bulan januari tahun 2005 mengemukakan bahwa setengah dari semua kasus kanker di inggris sebenarnya bisa dicegah asalkan orang bersedia menjalani gaya hidup yang sehat. Namun, survey yang dilakukan institusi itu menunjukkan bahwa masyarakat pada umumnya masih belum mengetahui gaya hidup yang sehat ini. Sekitar 30 % dari kematian akibat kanker disebabkan oleh lima perilaku dan diet yang tidak sehat seperti indeks massa tubuh yang tinggi, buah dan sayuran yang rendah, kurangnya aktivitas fisik, penggunaan tembakau serta penggunaan alkohol yang sering.
Setiap tahunnya, jumlah penderita kanker baru di seluruh dunia semakin meningkat beberapa kali lipat. Tidak diragukan lagi bahwa kanker bisa menyerang siapa saja, baik secara langsung maupun secara tidak langsung dengan menjangkiti anggota keluarga atau teman dekat kita. Artikel ini ditulis bertujuan untuk memberikan informasi tentang cara pencegahan penyakit kanker dengan cara merubah gaya hidup yang tidak sehat menjadi gaya hidup yang sehat dengan pola makan dan aktivitas yang sehat pula. Informasi tersebut diharapkan bisa berguna bagi semua orang yang terpengaruhi oleh kanker.

Isi
Penyakit kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian. Kanker merupakan penyakit ganas dan sangat berbahaya. Penderita kanker banyak mengalami kematian terutama di negara-negara berkembang. Meskipun begitu, kebanyakan penderita kanker dapat dirawat dan banyak disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal. Karena, banyak bentuk kanker berhubungan dengan faktor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari. Misalnya, merokok dapat menyebabkan kanker dari banyak faktor lingkungan lainnya.
Selain kanker ada penyakit tumor. Tumor berarti bengkak. Tumor merupakan penyakit yang tingkat bahayanya masih di bawah kanker. Ada 2 jenis tumor, ada tumor jinak dan tumor ganas.  Tumor ganas inilah yang disebut kanker dan sangat berbahaya.
Jenis tumor lain ada yang disebut dengan kista. Kista adalah tumor  jinak yang paling sering ditemui. Bentuknya kistik, berisi cairan kental, dan ada pula yang berbentuk anggur. Kista juga ada yang berisi udara, cairan, nanah, ataupun bahan-bahan lainnya. Kista termasuk tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan. Kumpulan sel-sel tumor itu terpisah dengan jaringan normal di sekitarnya dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Itulah sebabnya tumor jinak relatif mudah diangkat dengan jalan pembedahan, dan tidak membahayakan kesehatan penderitanya. Berdasarkan tingkat keganasannya, kista terbagi dua, yaitu non-neoplastik dan neoplastik. Kista non-neoplastik sifatnya jinak dan bisaanya akan mengempis sendiri setelah 2 sampai 3 bulan. Sedangkan kista neoplastik umumnya harus dioperasi, namun hal itu pun tergantung pada ukuran dan sifatnya.
Menurut penelitian yang dilakukan WHO, didapatkan bahwa terdapat 8,2 juta kematian pada tahun 2012. Jenis-jenis utama kanker yang ditemukan adalah:
·         Kanker paru (1,59 juta kematian)
·         Kanker hati (745.000 kematian)
·         Kanker lambung (723.000 kematian)
·         Kanker kolorektal (694.000 kematian)
·         Kanker payudara (521.000 kematian)
·         Kanker esofagus (400.000 kematian)
Penyebab Penyakit Kanker sulit untuk diketahui secara pasti karena merupakan gabungan dari beberapa kumpulan faktor genetik dan lingkungan. Namun sebenarnya terdapat faktor-faktor yang diduga meningkatkan resiko terjadinya penyakit kanker, antara lain adalah :
a.    Faktor keturunan
        Faktor genetik menyebabkan beberapa keluarga memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita kanker tertentu bila dibandingkan dengan keluarga lainnya.
b.    Faktor kejiwaan/emosional
        Stres yang berati dapat menyebabkan ganggguan keseimbangan seluler tubuh.
c.    Faktor prilaku
         Perilaku yang dimaksud adalah merokok dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan daging yang diawetkan juga peminum minuman beralkohol. Selain itu perilaku seksual juga menurupakan faktor pencetus terjadinya kanker yaitu melakukan hubungan intim diusia dini dan sering berganti ganti pasangan.
d.    Faktor makanan yang mengandung bahan kimia
        Makanan juga dapat menjadi faktor risiko penting lain penyebab kanker, terutama kanker pada saluran pencernaan. Contoh jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker seperti makanan yang diasap dan diasamkan (dalam bentuk acar) meningkatkan resiko terjadinya kanker lambung, minuman yang mengandung alkohol menyebabkan berisiko lebih tinggi terhadap kanker kerongkongan, dan masih banyak lagi.
Perawatan untuk kanker sendiri dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu :
1.    Pembedahan
Pembedahan dapat dilakukan pada tahap manapun dalam perawatan kanker, mulai dari diagnose sampai tahap perawatan paliatif. Di dalam melakukan diagnose, pembedahan yang bisa dilakukan antara lain adalah dengan melakukan biopsy atau pengambilan jaringan dari tubuh, namun untuk keperluan diagnose, jenis pembedahan yang paling banyak dilakukan adalah laparoskopi dan endoskopi, yang hanya melakukan irisan kecil saja agar bisa memasukkan alat untuk melihat bagian dalam tubuh. Pembedahan semacam ini seringkali sangat penting untuk menentukan sampai dimana terjadinya tahapan kanker.
2.    Radioterapi
Radioterapi adalah metode dimana  radiasi ionisasi digunakan untuk mengatasi sebuah penyakit. Dalam hamper semua kasus, penyakit yang ditangani dengan menggunakan radioterapi ini adalah kanker ganas, tapi kadang radioterapi juga bisa digunakan untuk mengatasi tumor jinak. Tujuan dari radioterapi adalah untuk memberikan energy radiasi dalam jumlah yang terkendali secara akurat pada bagian yang hendak diobati dan sekaligus menghindari agar bagian lain dari tubuh tidak terkena radiasi seminimal mungkin. Antara 50-70 % pasien kanker menerima radioterapi pada tahap tertentu dari perkembangan penyakit mereka.
3.    Kemoterapi
Kemoterapi secara harfiah berarti penggunaan bahan kimia untuk melawan, mengendalikan atau menyembuhkan penyakit. Namun dalam maknanya sekarang, istilah ini lebih banyak digunakan untuk menyebut penggunaan obat utnuk mengatasi kanker dan sebagian besar orang memahami istilah ini secara terbatas, yaitu hanya dalam kaitannya dengan kanker saja. Kemoterapi untuk kanker adalah sebuah ilmu yang kompleks dan sangat luas, dimana untuk bisa menjadi ahli dalam kemoterapi diperlukan pendidikan spesialis.  Keputusan untuk menggunakan kemoterapi didasarkan pada pengetahuan bahwi induknyaza sel-sel dari tumor kanker mampu melepaskan diri dari induknya sehingga dapat menyebar dan tumbuh dibagian lain dalam tubuh atau yang disebut sebagai metastasis.
Seringkali, tiga metode perawatan ini harus digabungkan sehingga dapat menghasilkan penyembuhan yang terbaik bagi pasien. Selain itu ada juga beberapa jenis terapi alternative dan terapi pelengkap yang bisa digunakan untuk menunjang perawatan medis konvensional, tapi sebaiknya tidak digunakan untuk menggantikan perawatan konvensional tersebut. Beberapa dari terapi alternative ini bisa sangat berguna untuk membantu para pasien didalam mengatasi stress dan kegelisahan dan membantu kesehatan mental dan spiritual.
Akan tetapi ada pepatah yang mengatakan bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati, hal ini memang benar karena pencegahan dapat dilakukan mulai sejak usia muda. Sebagian besar jenis kanker dapat dicegah dengan kebisaaan hidup sehat sejak usia muda dan menghindari faktor-faktor penyebab kanker. Meskipun penyebab kanker secara pasti belum diketahui, setiap orang dapat melakukan upaya pencegahan dengan cara hidup sehat dan menghindari penyebab kanker seperti mengenai makanan :
1.    Mengurangi makanan berlemak yang berlebihan.
2.    Lebih banyak makan makanan berserat.
3.    Lebih banyak makan sayur-sayuran berwarna serta buah-buahan, beberapa kali sehari.
4.    Lebih banyak makan makanan segar.
5.    Mengurangi makanan yang telah diawetkan atau disimpan terlalu lama.
6.    Membatasi minuman alcohol.
Selain itu, mengenai perilaku :
1.    Hindari diri dari penyakit akibat hubungan seksual.
2.    Hindari kebisaaan merokok, Bagi perokok, berhenti merokok.
3.    Upayakan kehidupan seimbang dan hindari stress.
4.    Periksakan kesehatan secara berkala dan teratur.
Pola makan memegang peranan yang sangat penting di dalam mencegah kanker. Ada bukti ilmiah yang sangat kuat bahwa mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, gandum, kacang-kacangan, polong-polongan dan serat dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi penderita kanker. Sebenarnya sangat sulit untuk menentukan senyawa atau zat apa yang persisnya dapat membuat seseorang terlindungi dari kanker, dan tampaknya banyak senyawa atau zat yang bekerja secara bersama-sama untuk menghasilkan manfaat yang positif. Beberapa zat dalam makanan sehat yang diyakini bisa mencegah kanker adalah :
·         Vitamin A
Vitamin A adalah vitamin yang dapat larut dalam lemak dan disimpan di dalam hati. Kebanyakan vitamin A ini terkandung di dalam mekanan yang berasal dari sumber hewani, terutama minyak ikan, keju, telur, mentega, dan susu berlemak. Hal ini dikarenakan vitamin ini dapat disimpan di dalam tubuh.
·         Karotinoid
Karotinoid atau karotin adalah bahan dasar dari vitamin A, dimana jika zat ini masuk kedalam tubuh maka akan di konversi menjadi vitamin A. zat ini terkandung di dalam jeruk dan sayur- sayuran dan buah lain yang berwarna kuning terutama wortel, pir, apricot, labu, belewah dan sebagainya dan juga terdapat dalam sayur-sayuran hijau.
·         Vitamin C
Vitamin C atau asam askorbat adalah salah satu jenis vitamin yang paling banyak dikenal dan manfaatnya bagi kesehatan sudah diketahui secara luas. Sumber terbaik dari vitamin C adalah blackberry, redberry, kentang, mangga, papaya, tomat, sayuran dan buah-buahan lain.
·         Flafonoid
Flafonoid adalah beberapa jenis pigmen alami dalam tanaman yang ada di dalam buah dan sayuran hijau. Zat yang terdiri dari banyak jenis senyawa, ini memiliki sifat anti-oksidan yang kuat karena bisa mengatasi efek dari radikal bebas dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan tubuh. Satu jenis flavonoid yang memiliki yang memiliki peran penting adalah anthocyanidin yang terdapat pada buah berry yang berwarna cerah, terutama cranberry, bilberry, blackcurrant, blackberry, strawberry, raspberry dan anggur.
·         Folat
Folat atau asam folat adalah salah satu dari vitamin B yaitu vitamin B9 dan zat ini sangat penting bagi kelancaran fungsi kerja vitamin B12 di dalam memproduksi sel darah merah dan di dalam melakukan metabolisme terhadap lemak, karbohidrat dan protein. Sumber dari asam folat adalah sayuran hijau, ragi, kacang, bulir gandum, polong-polongan, ginjal dan hati.
·         Selenium
Selenium adalah sejenis mineral yang telah banyak dikenal belakangan ini karena memiliki kemampuan anti-oksidan yang tinggi. Mineral ini berfungsi bersama-sama dengan vitamin E.  selenium terdapat pada beberapa jenis bahan makanan seperti ikan,tuna, kerang, kuning telur, ginjal, hati, daging, mentega, gandum, dan apokat.
·         Kalsium
Kalsium ada dalam jumlah yang cukup besar di dalam tubuh manusia, karena menempati sekitar 2 persen dari total massa tubuh dan terutama banyak berada pada tulang dan gigi.mineral ini sangat penting bagi pertumbuhan dan perbaikan dari tulang dan gigi yang penyerapan serta pemanfaatan kalsium ini dikendalikan oleh vitamin D. Sumber kalsium antara lain adalah susu, ikan, tepung, roti, dan sereal yang ditambahi dengan kalsium.
·         Seng
Seng adalah sangat penting bagi fungsi berbagai enzim dan memiliki peran dalam banyak proses metabolismee. Unsur ini berperan sangat penting bagi pemanfaatan vitamin A dan berperan penting bagi fungsi system kekebalan tubuh. Seng tersedia dalam banyak jenis makanan, tapi bahan makanan yang terutama banyak mengandung seng adalah kerang, kuning telur, hati, daging, sereal, tepung, biji-bijian dan kacang-kacangan.
·         Karnosin
Karnosin adalah sebuah zat yang mendapat banyak perhatian dari para spesialis anti penuaan dan juga bisa membantu dalam melindungi dari kanker. Zat ini memiliki sifat anti-oksidan yang sangat kuat dan dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatasi radikal bebas. Zat ini terdapat pada banyak jenis makanan seperti buah dan sayuran.
·         Serat
Serat memegang peranan penting dalam pencegahan kanker dan fakta ini telah disadari oleh banyak orang dalam beberapa tahun terakhir.  Banyak Unsur ini terdapat pada banyak jenis makanan seperti roti, sereal, beras merah, gandum, polong-polongan, buah-buahan, sayuran dan salad.
Berikut ini adalah penjelasan beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi para penderita berbagai jenis kanker yaitu :
1.    Aneka sayur-sayuran dan buah-buahan
·         Tauge mengandung zat yang mendorong pertumbuhan sel kanker.
·         Sawi putih dan kangkung mengurangi efektivitas kinerja obat-obatan.
·         Cabai merangsang aktifitas bawah sadar sehingga menurunkan jumlah oksigen dalam tubuh. Kekurangan oksigen dapat menurunkan imunitas tubuh yang dapat memicu perkembangan sel kanker.
·         Durian menghasilkan alkohol sehingga merangsang berkembangnya sel kanker. Alkohol merangsang aktivitas bawah sadar sehingga jumlah oksigen dalam tubuh menurun.
·         Lengkeng dan Nangka mengandung zat yang dapat mendorong pertumbuhan sel kanker.
2.    Aneka daging-dagingan
·         Lemak daging Sapi, Kerbau, Kambing, Babi memfasilitasi pertumbuhan sel yang tidak normal.
·         Ikan asin yang diolah dari bahan tidak segar mengalami penguraian sehingga menjadi bahan allergen yang mengundang reaksi imunitas tubuh. Akibatnya, tubuh akan merasa meriang, gatal-gatal, dan bengkak. Sementara itu, bagi penderita kanker akan timbul reaksi berdenyut-denyut dan timbul rasa nyeri di bagian tubuh yang terkena kanker. Ikan asin juga menyebabkan gangguan permeabilitas (penyerapan air) pada jaringan tubuh, permukaan luka akan tampak basah, benyek, dan kadang-kadang terjadi perdarahan. Yang lebih memprihatinkan, beberapa produsen pengolah ikan sering menambahkan formalin, bukan pengawet makanan. Formalin ini bersifat hepatotoksik atau racun bagi organ hati, sehingga semakin lama mengganggu sistem kerja sel dan jaringan yang akhirnya memicu kanker.
·         Seafood seperti udang, kerang, kepiting, cumi mengandung kandungan lemak tinggi. Penderita kanker atau tumor harus mengurangi makanan yang mengandung lemak tinggi karena bisa merangsang berkembangnya sel kanker.
·         Daging unggas, bisaanya untuk memacu pertumbuhan ternak atau unggas digunakan obat-obatan kimia termasuk hormon yang disuntikkan ke dalam tubuh hewan sehingga bobot ternak atau unggas cepat meningkat. Suntikan hormon yang diberikan pada ternak mirip hormon anabolic pada manusia, hormon ini diduga memicu kanker prostat dan kanker kelenjar.
3.    Makanan yang diawetkan dan dibakar
Makanan yang diawetkan mengandung senyawa kimia yang dapat berubah menjadi karsinogenaktif. Makanan yang dibakar, di bagian yang gosong atau hangus mengandung zat karsinogen. Zat inilah yang akan menjadi kanker dalam tubuh seseorang.
Dari beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan dan beberapa jenis zat dalam makanan yang dapat digunakan untuk mencegah kanker tersebut, maka dapat di ambil beberapa sampel untuk dijadikan menu makanan sehat pencegah kanker seperti :
·         Sarapan  
-        Minum air putih yang dicampur dengan perasan satu atau dua buah lemon. Lemon memiliki antioksidan yang kuat, bagus untuk penderita kanker. 
-        Putih telur rebus.
-        Jika ingin sarapan karbohidrat, pilih roti gandum atau yang paling baik adalah oatmeal. Buat oatmeal yang lezat dengan campuran potongan buah apel, pir, atau pisang. Bila perlu, tambahkan yoghurt tanpa lemak untuk probiotik. 
·          Makan Siang
-         Nasi merah atau kentang dengan kulitnya (dikukus atau direbus).
-        Sayur rebus atau kukus.
-        Protein nabati, seperti tahu atau tempe yang dimasak dengan cara direbus atau dikukus. Tapi, bagi Anda yang memiliki reseptor estrogen positif, coret ini dari daftar makanan Anda. 
-        Protein hewani, seperti ikan dan ayam, yang direbus atau dikukus.
·         Makan Malam
-        Sama seperti saat makan siang, namun kurangi porsi nasi merah atau kentangnya.
·         Camilan
-        Buah atau jus dari sayuran atau buah-buahan.
Dalam hukum islam, segala sesuatu yang berada di dunia sudah diatur oleh Allah SWT, termasuk juga dengan permasalahan makan. Hal ini penting dalam islam karena Rosulullah pun pernah bersabda bahwa salah satu sumber datangnya penyakit adalah mulut dan perut. Maksud mulut dan perut disini adalah masalah makan yang kebanyakan orang lalai dalam hal  ini seperti memakan makanan yang tidak halal lagi tidak baik. Allah SWT telah berfirman :

$ygƒr'¯»tƒ â¨$¨Z9$# (#qè=ä. $£JÏB Îû ÇÚöF{$# Wx»n=ym $Y7ÍhsÛ Ÿwur (#qãèÎ6®Ks? ÏNºuqäÜäz Ç`»sÜø¤±9$# 4 ¼çm¯RÎ) öNä3s9 Arßtã îûüÎ7B ÇÊÏÑÈ     
                                                   Artinya:
Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu (Q.S Al-Baqarah 168).          
Selain itu, perintah makan makanan yang baik juga terdapat pada firman Allah SWT dalam kitab-Nya surat An-Nahl ayat 144 yang berbunyi :

(#qè=ä3sù $£JÏB ãNà6s%yu ª!$# Wx»n=ym $Y7ÍhsÛ (#rãà6ô©$#ur |MyJ÷èÏR «!$# bÎ) óOçFZä. çn$­ƒÎ) tbrßç7÷ès? ÇÊÊÍÈ  
Artinya :
Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah(Q.S An-Nahl 144).

Dalam surat ini menjelaskan bahwa perintah Allah SWT kepada hambanya untuk makan dari yang halal, dimana makanan yang halal adalah makanan yang di dapatkanya dari jalan yang benar tanpa ada unsur kecurangan maupun dosa di dalamnya. Sedangkan makanan yang baik adalah makanan yang di dalamnya terdapat kandungan atau zat yang baik untuk tubuh tanpa adanya bahan kimia yang dapat berdampak buruk pada tubuh. Setelah itu, perintah lain yaitu seruan untuk bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat tersebut. Selain itu, Allah juga melarang hamba-Nya untuk makan secara berlebihan yang tertuang dalam firman Allah SWT yaitu :

ûÓÍ_t6»tƒ tPyŠ#uä (#räè{ ö/ä3tGt^ƒÎ yZÏã Èe@ä. 7Éfó¡tB (#qè=à2ur (#qç/uŽõ°$#ur Ÿwur (#þqèùÎŽô£è@ 4 ¼çm¯RÎ) Ÿw =Ïtä tûüÏùÎŽô£ßJø9$# ÇÌÊÈ 
Artinya:
Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan(Q.S Al-A’raf 31).

Kesimpulan
Penyakit kanker adalah penyakit akibat adanya pertumbuhan yang tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang mengalami perubahan menjadi sel kanker. Beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit kanker antara lain faktor keturunan, faktor kejiwaan atau emosional, faktor prilaku, dan faktor makanan yang mengandung bahan kimia. Penyakit kanker dapat diantisipasi sejak dini dengan melakukan gaya hidup yang sehat untuk pencegahan seperti menjaga pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur. Akan tetapi jika seseorang menderita penyakit kanker dapat di obati dengan metode pembedahan, radioterapi dan kemoterapi. Jenis makanan yang dapat digunakan untuk mencegah penyakit kanker adalah buah-buahan dan sayuran yang tidak meningkatkan perkembangan sel kanker.

Daftar pustaka   

Anonymous. 2013. Menu Sehat Anti Kanker. http://www.femina.co.id. 19 Mei 2014.

Anonymous. 2014. Cancer. http://www.who.int. 19 Mei 2014
Anonymous . 2013. Apa Itu Kanker. http://www.parkwaycancercentre.com. 17 Mei 2014.

Miller,Gregg. 2008. Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Kanker. Jakarta: Pustakaraya.

Magdalena,Maureen M. 2014. Hubungan antara Kanker  dan Menu Makanan Anda. http://www.deherba.com. 18 Mei 2014.
Magdalena,Maureen M. 2014.  10 Tips Jitu Mencegah Kanker. http://www.deherba.com. 18 Mei 2014.
Ramadhan,Mukhlis. 2011. Sistem Pakar dalam Mengidentifikasi Penyakit Kanker pada Anak Sejak Dini dan Cara Penanggulanganya. SAINTIKOM. 10(2),125-135.
Rijal,Fachrul. 2013. Makalah tentang Kanker.http://Fachrulrijal.Blogspot.Com. 19 Mei 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar