Translate

Senin, 21 Oktober 2013

STATISTIKA DAN MANFAATNYA


A.    Pengertian
Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, mengiprementasi, dan mempresentasi data. Atau ilmu yang berusaha untuk mencoba mengolah data untuk mendapatkan manfaat berupa keputusan dalam kehidupan. Kata statistik dengan statistika itu memiliki perbedaan dalam penertianya.  Statistika merupakan ilmu yang berhubungan dengan data, sedangkan statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data.
Statistika ini banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu. Baik ilmu - ilmu alam (misalnya astronomi dan biologi), ilmu-ilmu sosial (termasuk sosiologi dan psikologi), maupun di bidang bisnis, ekonomi, dan industri. Statistika juga biasa digunakan dalam pemerintahan, misalnya dalam sensus penduduk dan perhitungan suara pada pemilu atau biasa disebut dengan quick count. 
B.     Manfaat
Beberapa manfaat dari statistka dalam kehidupan sehari – hari adalah sebagai berikut :
a.       Untuk ibu rumah tangga, secara tidak sadar ibu rumah tangga telah menerapkan statistika dalam  kehidupan sehari – hari yaitu menghitung untung rugi dalam membelanjakan uangnya. Serta mengatur jalanya keuangan setiap bulanya.
b.      Untuk mahasiswa, dalam kegiatan sehari- harinya mungkin mereka telah mempelajarinya secara formal tetapi secara tidak sadar mereka juga telah menerapkanya dalam perhitungan indeks prestasi mereka.
c.       Dalam dunia bisnis, para penanam saham menggunakan statistika dalam perhitungan keuntungan yang akan didapatkanya. Sehingga mereka megetahui pelung dalam menanam saham.
d.      Dalam dunia industry, statistika digunakan untung penggambilan keputusan seperti menentukan berapa banyak produk yang harus diproduksinya, perlu tidaknya membuka cabang baru, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar